Sabtu, 28 Januari 2012

Hindari Stretch Mark saat Hamil

Penyebab Stretch Mark
Stretch mark atau guratan inimerupakan timbulnya garis-garis berwarna merah muda pada kulit. Lama kelamaan, garismerah ini akan berubah menjadi garis berwarna putih. Stretch mark muncul karenakulit mengalami peregangan dan elastisitas kulit tidak memadai menanganiperegangan yang terjadi. Akibatnya, kulit seperti pecah dan timbul garis-garisatau guratan tersebut.

Pada sebagian besar wanita hamil,stretch mark tidak dapat dielakkan. Biasanya muncul saat usia kehamilan 4-5bulan. Saat peregangan terjadi, kemunculan stretch mark atau guratan inibiasanya disertai rasa gatal. Jika digaruk secara berlebihan, dapat menyebabkanluka pada kulit. Tetapi, kemunculan stretch mark tergantung keelastisan kulittiap orang. Jika seseorang memiliki kulit yang elastis, kemungkinan saat hamildan setelahnya tidak akan timbul stretchmark. Biasanya, ini bersifat genetik. Jikaibu Anda tidak mengalami stretch mark, mungkin Anda dapat terhindar juga darimasalah ini.



Ini merupakan hal yang wajar, karenawanita hamil mengalami pembesaran pada perut sebagai tanda berkembangnya janindi dalam rahim. Wanita hamil juga biasa mengalami kenaikan badan yang cukupsignifikan. Rata-rata, minimal kenaikan berat badan 10 kg terjadi pada wanitahamil. Sehingga kulit meregang tidak hanya pada bagian perut, juga pada lengan,payudara, pinggul, paha, dan bokong. Bagian tubuh inilah yang menjadi tempatfavorit munculnya stretch mark. Stretch mark juga dapat terjadi pada seseorangyang sebelumnya mengalami kegemukan dan berubah menjadi kurus.

Pada wanita hamil yang telahmelahirkan, garis-garis akan memudar setelah bayi lahir, namun umumnya tidakdapat hilang 100% karena sudah terjadi robekan di bagian jaringan bawah kulit. Itulah,sebabnya kehadiran stretch mark menjadi sesuatu yang menakutkan bagi wanitahamil.



Mencegah Stretch Mark
Untuk mencegah atau meminimalkantimbulnya stretch mark, Anda dapat mencoba beberapa tips berikut:

Tingkatkan elastisitas kulit dari dalam tubuh
Caranya dengan mengkonsumsi vitamin dan mineral yang mampu membuat kulitmenjadi elastis. Atau, dengan cara alami, Anda dapat memperbanyak konsumsisayur, buah dan minum air.
Pertahankan kulit agar tetap lembab
Oleskan lotion pada kulit. Atau Anda dapat menggunakan krim anti stretchmark yang khusus untuk wanita hamil. Krim ini biasanya lebih lembapdibandingkan krim biasa. Penggunaan krim dapat dimulai sejak dini, sejakkandungan masih kecil dan belum terjadi perenggangan.
Perawatan setelah kelahiran
Sehabis melahirkan, Anda dapat tetap menggunakan krim tersebut ataumenggunakan minyak zaitun atau minyak cendana yang juga dapat melembapkan danmengurangi bekas stretch mark. Hanya saja, jika telah timbul, biasanya agaksulit untuk hilang sama sekali.
Stretch mark memang dapatmengganggu penampilan. Tetapi, hendaknya ini tidak membuat Anda kehilanganpercaya diri. Dengan perawatan dini yang baik, semoga stretch mark yangmengganggu dapat dihindarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar