Sabtu, 28 Januari 2012

Cara merawat kuku agar tetap terlihat cantik:


Tips Merawat Kuku
Cara merawat kuku agar tetapterlihat cantik:

Menjaga kekuatan dan kelembapankuku
Kuku setiap orang mungkin berbeda.Ada yangmemiliki kuku yang kuat tetapi ada pula kuku yang rapuh dan mudah patah. Kukuakan semakin rapuh apabila sering terkena sabun, detergen, atau sering beradadi dalam ruangan AC. Untuk mengatasi masalah ini, oleskan pelembab pada kukuAnda agar kuku menjadi lebih kuat.

Membersihkan kuku
Kuku yang cantik tentu harusbersih. Untuk membersihkan kuku, dapat dilakukan dengan merendam kuku dalam airhangat yang dicampur dengan perasan air jeruk nipis. Rendam tangan atau kakiselama kurang lebih 15 menit. Air hangar dapat membuat kulit di sekitar kukumenjadi lunak sehingga mudah untuk dibersihkan, khususnya pada daerah pinggirkuku yang sering dimasuki kotoran.


Potong kuku
Jangan biarkan kuku dalam ukuranyang terlalu panjang. Kuku yang terlalu panjang terkesan tidak terawat dantidak rapi. Kuku yang panjang juga memudahkan masuknya kotoran dan kuman-kumanpenyakit yang bisa saja masuk ke dalam tubuh pada saat kita makan. Tetapi, janganpula memotong kuku terlalu pendek yang dapat menyebabkan luka.

Pilih gunting kuku yang tajamagar tidak perlu berulang-ulang memotongnya. Jangan tarik kuku jika belumterpotong sempurna. Menarik kuku dapat melukai jari dan jari yang terlukamemudahkan kuman penyakit masuk ke dalamnya. Biarkan gunting kuku yangmenyelesaikan tugasnya sampai kuku benar-benar terpotong.

Jangan lakukan pekerjaan keras dengan kuku
Menggosok benda keras menggunakan kuku atau membuka benda-benda kerasmenggunakan kuku selain dapat merusak kuku juga dapat menyebabkan luka padadaerah sekitar kuku. Sebaiknya gunakan benda-benda lain yang sesuai pada saatmelakukan perkerjaan-pekerjaan berat ini. Mencuci pakaian, mencuci piring ataumemeras kain pel, dan terlalu sering terkena air panas mungkin dapat merusakkuku Anda karena terkena sabun dalam melakukan kegiatan tersebut. Jikamemungkinkan, pakailah sarung tangan ketika melakukan kegiatan ini.

Stop kebiasaan merusak
Kebiasaan mengorek kuku dengan kuku lain atau menggigit kuku merupakankebiasaan yang dapat merusak penampilan kuku. Mengorek kuku dapat menyebabkanluka pada ujung jari sehingga merusak penampilan. Sedangkan menggigit kukudapat menyebabkan sakit perut akibat kuman-kuman penyakit yang ada pada kukumasuk ke dalam mulut.

Perkuat dan percantik kuku dari dalam
Salah satu cara mudah untuk memperindah dan menguatkan kuku dari dalamadalah dengan memperbanyak minum air putih. Konsumsi air putih membantu agarkuku tidak kering. Sedangkan untuk memperkuat kuku dapat dilakukan denganmengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium atau dengan meminum susu.

Gunakan pewarna kuku dan penghapusnya dengan seimbang
Salah satu cara mempercantik kuku adalah dengan menggunakan pewarna kuku. Inimemang akan membuat kuku terlihat cantik dan menarik. Tetapi, menggunakanpewarna kuku atau kuteks terlalu lama dapat membuat warna kuku berubah menjadikekuningan. Begitu juga jika Anda terlalu sering menggunkan cairan penghapus kukuatau nail polish remover akan menghilangkan warna kuku asli kuku yang mengkilapdan membuat kuku menjadi kering.

Untuk mencegah hal ini, sebaiknyatidak setiap saat menggunakan kuteks. Biarkan selama beberapa waktu kukuberistirahat dengan tidak diwarnai. Ketika akan menghapus pewarna kuku, gunakankapas yang telah dibasahi nail polish remover digunakan tidak dengan caradigosok-gosokan pada kuku, tetapi cukup dengan diusapkan sekali atau dua kali. Semakinsedikit menggosok dapat mencegah warna kusam pada kuku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar